Saturday, November 14, 2009

Kopi Diduga Kurangi Risiko Kanser Hati



"Data mengenai dampak yang menguntungkan tentang kopi terhadap fungsi hati dan penyakit liver telah bertambah selama dua dasawarsa terakhir," kata Dr. Susanna C. Larsson dan Dr. Alicja Wolk, dari Karolinska Institute, Stockholm, dalam tulisan mereka.

Beberapa kajian telah menemukan hubungan terbalik antara konsumsi kopi dan tingkat enzim hati yang menunjukkan risiko penyakit hati kronis dan cirrhosis.

Oleh karena itu, para peneliti tersebut melakukan kajian luas, atau "meta-analysis", mengenai berbagai kajian epidemiologi yang sudah disiarkan guna menelaah hubungan antara konsum kopi dan risiko kanker liver.

Meta-analysis tersebut meliputi 11 kajian yang melibatkan 2.260 pasien kanker hati dan 239.146 orang tanpa kanker liver yang menjadi kelompok pembanding.

Suatu hubungan terbalik antara konsumsi kopi dan risiko kanker hati diamati sepanjang kajian itu, dan hubungan tersebut secara statistik sangat mencolok dalam enam kajian.

Untuk setiap dua cangkir kopi per hari, para peneliti itu mengamati terjadi pengurangan risiko kanker hati sebesar 43 persen.

"Dampak perlindungan konsumsi kopi pada kanker hati secara biologi masuk akal," kata Larsson dan Wolk.

"Kopi berisi sangat banyak anti-oksidan, seperti chlorogenis acid", yang memerangi stress oksidatif dan menghalangi pembentukan carcinogens.

Selain itu, kajian hewan percobaan secara khusus telah menunjukkan bahwa kopi dan chlorogenic acid memiliki dampak penghalang bagi kanker hati, demikian Reuters.(*)


p/s : Moral jangan minum berlebihan kopi..... aturkan waktu peminuman dan pemakanan yang sihat

No comments: